1.
Definisi Layanan Telematika
Menurut saya layanan telematika merupakan layanan dial
up ke internet maupun ke semua jaenis jaringan yang didasarkan pada system
telekomunikasi untuk mengirimkan data. Dan sebagai bertemunya sistem
jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Internet sendiri merupakan salah satu contoh
telematika.
Dibawah Ini
Merupakan Contoh Pada Layanan Telematika :
1. Layanan
Informasi
Layanan
Informasi adalah penyampaian berbagai informasi kepada sasaran layanan agar
individu dapat menolah dan memanfaatkan informasi tersebut demi kepentingan
hidup dan perkembangannya. Teknologi Telematika juga harus diarahkan untuk
menjembatani kesenjangan politik dan budaya serta meningkatkan keharmonisan di
kalangan masyarakat. Salah satu fasilitas bagi masyarakat untuk mendapatkan
informasi yaitu melalui internet dan telefon.
Tujuan Secara umum agar
terkuasainya informasi tertentu sedangkan secara khusus terkait dengan fungsi
pemahaman (paham terhadap informasi yang diberikan) dan memanfaatkan informasi
dalam penyelesaian masalahnya. Layanan informasi menjadikan individu mandiri
yaitu memahami dan menerima diri dan lingkungan secara positif, objektif dan
dinamis, mampu mengambil keputusan, mampu mengarahkan diri sesuai dengan
kebutuhannya tersebut dan akhirnya dapat mengaktualisasikan dirinya.
Contoh layanan informasi:
a. Informasi
cuaca
b. Hiburan dan
m-commerce
c. Informasi
layanan jalan raya
2. Layanan
Keamanan
Keamanan
adalah suatu yang sangat penting untuk menjaga agar suatu data dalam jaringan
tidak mudah hilang. Sistem keamanan membantu mengamankan jaringan tanpa
menghalangi penggunaannya dan menempatkan antisipasi ketika jaringan berhasil
ditembus. Keamanan jaringan di sini adalah memberikan peningkatan tertentu
untuk jaringan. Peningkatan keamanan jaringan ini dapat dilakukan terhadap :
· Rahasia
(privacy)
Dengan banyak pemakai yang tidak
dikenal pada jaringan menebabkan penyembunyian data yang sensitive menjadi sulit.
· Keterpaduan
data (data integrity)
Karena banyak node dan pemakai
berpotensi untuk mengakses system komputasi, resiko korupsi data adalah lebih
tinggi.
· Keaslian
(authenticity)
Hal ini sulit untuk memastikan
identitas pemakai pada system remote, akibatnya satu host mungkin tidak
mempercayai keaslian seorang pemakai yang dijalankan oleh host lain.
· Convert
Channel
Jaringan menawarkan banyak
kemungkinan untuk konstruksi convert channel untuk aliran data, karena begitu
banyak data yang sedang ditransmit guna menyembunyikan pesan.
Contoh layanan keamanan:
· Panggilan
darurat (rumah sakit, kepolisian)
· GPS,
informasi keberadaan kendaraan.
Kelebihan
dari layanan ini adalah dapat mengurangi tingkat pencurian dan kejahatan.
Contoh
layanan keamanan yaitu:
a. navigation
assistant
b. weather,stock information
c. entertainment and M-commerce
d. penggunaan Firewall dan AntiVirus
3. Layanan Context Awere Dan Event Base
Di zaman seperti sekarang ini sangat
dibutuhkan suatu teknologi yang dapat memberikan kemudahan bagi user untuk
mengakses informasi setiap saat kapan pun dan dimana pun mereka berada. Suatu
teknologi yang disebut context-aware computing dapat memenuhi kebutuhan
tersebut dan akan menjadi trend yang penting untuk dikembangkan di masa depan.
Dengan adanya context aware maka user tidak perlu harus selalu memberi input
yang banyak secara eksplisit untuk membuat komputer menjalankan tugasnya.
Context awareness adalah kemampuan sebuah sistem untuk
memahami si user, network, lingkungan, dan dengan demikian melakukan adaptasi
yang dinamis sesuai kebutuhan.
Karakteristik dari user, network, lingkungan itu
disebut konteks. Namun informasi konteks sendiri menjadi kompleks dan heterogen
sesuai jenis layanan yang akan didukung. Maka context awareness menjadi masalah
yang besar dan menarik dalam pengembangan aplikasi, khususnya mobile, beberapa
tahun ke depan.
Beberapa bagian yang lebih sederhana dari context
awareness telah mulai dibangun. Misalnya LBS: location-based service. Misalnya,
sewaktu user mencari keyword tertentu (pom bensin, kafe, ATM, dll), maka ia
akan memperoleh hasil yang berbeda tergantung pada posisi user. Ini dapat mulai
digabungkan dengan beberapa info dari user. Misalnya pom bensin atau kafe di
dekat posisi user yang menerima pembayaran dengan ATM yang dimiliki user.
Contoh layanan context awere dan
event base:
a. Layanan diagnosis kendaraan.
4. Layanan Perbaikan Sumber
Layanan perbaikan dalam sumber daya
manusia (SDM). SDM telematika adalah orang yang melakukan aktivitas yang
berhubungan dengan telekomunikasi, media, dan informatika sebagai pengelola,
pengembang, pendidik, dan pengguna di lingkungan pemerintah, dunia usaha,
lembaga pendidikan, dan masyarakat pada umumnya.
Konsep pengembangan sumber daya manusia di bidang
telematika ditujukan untuk meningkatkan kualitas, kuantitas dan pendayagunaan
SDM telematika dengan tujuan untuk mengatasi kesenjangan digital, kesenjangan
informasi dan meningkatkan kemandirian masyarakat dalam pemanfaatan teknologi
informasi dan komunikasi secara efektif dan optimal.
Kebutuhan akan SDM dapat dilihat dari bidang ekonomi
dan bidang politik, yaitu :
· Dilihat dari bidang ekonomi
Pengembangan telematika ditujukan untuk peningkatan
kapasitas ekonomi, berupa peningkatan kapasitas industry produk barang dan
jasa.
· Dilihat dari bidang politik
Bagaimana telematika memberikan kontribusi pada
pelayanan public sehingga menghasilkan dukungan politik.
Dari kedua
bidang tersebut diatas kebutuhan terhadap telematika akan dilihat dari dua
aspek, yaitu :
Ø Pengembangan
peningkatan kapasitas industry.
Ø Pengembangan
layanan publik.
Ø Sasaran
utama dalam upaya pengembangan SDM telematika yaitu sebagai berikut :
Ø Peningkatan
kinerja layanan public yang memberikan akses yang luas terhadap peningkatan
kecerdasan masyarakat, pengembangan demokrasi dan transparasi sebagai
katalisator pembangaunan.
Ø Literasi
masyarakat di bidang teknologi telematika yang terutama ditujukan kepada old
generator dan today generation sebagai peningkatan, dikemukakan oleh Tapscott.
Contoh layanan perbaikan sumber:
a. Layanan yellow pages (buku
petunjuk).
2.
Kelebihan
Layanan Telematika:
Ø Pada layanan telematika dibidang informasi,
masyarakat khususnya kalangan menengah kebawah dapat merasakan pemerataan
teknologi dan bagi pelajarnya dapat memberikan wawasan yang lebih untuk
menunjang studi mereka.
Ø Pada layanan telematika di bidang keamanan,
masyarakat pada umumnya dapat merasa lebih aman karena jika terjadi sesuatu
yang diinginkan, mereka dapat langsung menghubungi pihak berwajib dengan
teknologi yang ada.
Ø Pada layanan context aware dan event-base, dengan
ini pengguna dapat hak privasi yang lebih tanpa harus melakukan banyak/otomatis
sistem yang telah mengatur agar pengguna tidak diganggu dalam waktu yang
diinginkan pengguna.
Ø Pada layanan perbaikan sumber, tiap orang dapat
bantuan lebih dalam yellow pages untuk mencari alamat/nomor telepon suatu
instansi.
3.
Kekurangan
Layanan Telematika:
Ø Pada layanan telematika bidang informasi, jika
perhatian kepada mereka yang kurangnya informasi dari kebebasan akses yang
mereka lakukan, akan berdampak buruk yang disebabkan pihak yang tidak
bertanggung jawab.
Ø Pada layanan telematika dibidang keamanan, keamanan
ini juga berdampak buruk jika ada oknum/hacker yang berniat jahat untuk
membobol suatu sistem keamanan.
Ø Pada layanan context aware dan event-base, pengguna
tidak tahu/akan terlambat mengetahui jika ada panggilan penting saat ia tidak
ingin diganggu, seperti tidak tahu kalau anaknya masuk rumah sakit ketika
sedang rapat.
Ø Pada layanan perbaikan sumber, tidak mudah
mencari/tidak cepat karena yellow pages masih dalam bentuk buku. Jadi ketika
ingin mencari informasi maka harus mencarinya secara manual dengan membaca
indeksnya.
Kesimpulan
Menurut saya layanan telematika merupakan layanan dial
up ke internet maupun ke semua jaenis jaringan yang didasarkan pada system
telekomunikasi untuk mengirimkan data. Dan sebagai bertemunya
sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Internet sendiri merupakan salah
satu contoh telematika.
Pada layanan telematika memiliki beberapa contoh
antara lain adalah :
1.
Layanan Informasi
Layanan
Informasi adalah penyampaian berbagai informasi kepada sasaran layanan agar
individu dapat menolah dan memanfaatkan informasi tersebut demi kepentingan
hidup dan perkembangannya.
Contoh
layanan informasi:
A. Informasi
cuaca
B. Hiburan dan
m-commerce
C. Informasi
layanan jalan raya
2.
Layanan Keamanan
Keamanan
adalah suatu yang sangat penting untuk menjaga agar suatu data dalam jaringan tidak
mudah hilang.
Contoh
layanan keamanan yaitu:
A. Navigation
Assistant
B. Weather,Stock
Information
C. Entertainment
And M-Commerce
D. Penggunaan
Firewall Dan Antivirus
3. Layanan
Context Awere Dan Event Base
Dengan adanya context aware maka user tidak perlu harus selalu memberi
input yang banyak secara eksplisit untuk membuat komputer menjalankan tugasnya.
Context
awareness adalah kemampuan sebuah sistem untuk memahami si user, network,
lingkungan, dan dengan demikian melakukan adaptasi yang dinamis sesuai kebutuhan.
Contoh
layanan context awere dan event base:
a.
Layanan
diagnosis kendaraan
4. Layanan
Perbaikan Sumber
Layanan perbaikan dalam sumber daya manusia (SDM). SDM telematika adalah
orang yang melakukan aktivitas yang berhubungan dengan telekomunikasi, media,
dan informatika sebagai pengelola, pengembang, pendidik, dan pengguna di
lingkungan pemerintah, dunia usaha, lembaga pendidikan, dan masyarakat pada
umumnya.
Contoh layanan perbaikan sumber:
a. Layanan yellow pages (buku petunjuk).
Saran
Pada dasarnya manusia membutuhkan internet dalam
aktivitasnya setiap hari hari nya, untuk itu pemerintah harus memfasilitasi
jaringan internet terhadap masing masing daerah di indonesia, karena sejatinya
manusia juga membutuhkan pengetahuan teknologi dalam kehidupannya agar mereka
tidak tertinggal jika dibandingkan oleh negara negara sekitar. Karena zaman
akan terus berkembang di setiap zaman nya, akan sangat positif sekali dampaknya
bagi seluruh warga indonesia jika pemerintah serius memfasilitasi jaringan
internet terhadap daerah daerah di indonesia.
Jika ada dampak positif maka adapula dampak negatif
nya yaitu kejahatan kejahatan penipuan online atau yang sering kita ketahui
cyber crime, dengan adanya dampak negatif ini pemerintah pasti bisa
mengatisipasinya dengan menciptakan internet positif yang berbasis pengetahuan
laman laman yang mengidentifikasikan penjelasan positif.
http://donyvanborres.blogspot.co.id/2015/11/layanan-pada-sistem-telematika.html
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN TELEMATIKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar